Senin, 28 November 2011

Segmentasi Pasar, Penentuan Sasaran Pasar dan Pemosisian

Definisi Segementasi Pasar
  • Menurut Swastha & Handoko (1997), Segmentasi pasar diartikan sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen. 
  • Menurut Pride & Ferrel (1995), Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. 
 Jadi, Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.

 Kriteria Segmentasi
  • Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur 
  • Dapat diakses oleh saluran distribusi
  • Memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mi
  • Bersifat stabil
  • Memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan
 Persyaratan untuk Melakukan Segmentasi Pasar yang Efektif
   Agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut Kotler, Bowen dan Makens
  • Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
  • Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
  •    Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.   

    Penentuan Pasar Sasaran
      Untuk menentukan targeting ada dua langkah awal yang harus anda lakukan, yaitu:

    1. Menentukan kelompok pembeli

    Pertama-tama, anda tentukan kelompok-kelompok pembelinya. Dalam menentukan kelompok pembeli,
    anda jangan terjebak pengelompokkan hanya berdasarkan demografi semata. Anda juga harus lihat
    kebiasaan mereka dalam melakukan pembelian. Misalnya, kelompok pecinta kuliner malam hari. Mereka
    ini biasanya makan lagi setelah mereka makan malam. Bisa jam 12 malam bahkan ada yang makan jam 2
    pagi. Disini anda bisa lihat ada banyak kelompok pembeli, ada yang suka bakmi jawa, ada yang suka
    gudeg. Kemudian anda pilih salah satu dari kelompok pembeli tersebut. Misalkan pecinta gudeg. Dari sini
    anda bisa menyempitkan lagi, istilahnya pasar ceruk, menjadi segmentasi pasar pecinta kuliner malam hari
    gudeg jogja yang kering tidak begitu manis.

    2. Menentukan manfaat-manfaat utama yang dicari oleh kelompok pembeli pada suatu produk

    Langkah selanjutnya adalah mengetahui manfaat utama yang paling dicari oleh target konsumen anda tadi.
    Masih menggunakan contoh segmen pasar pecinta gudeg, anda harus cari tahu apa yang paling mereka
    inginkan.

    Apakah yang paling mereka inginkan adalah warung gudeg yang tempatnya santai supaya mereka juga
    bisa nongkrong. Atau yang paling mereka inginkan adalah gudeg yang porsinya tidak begitu banyak tetapi
    harganya relatif murah.

    Jika kedua hal tersebut sudah anda dapatkan, maka anda bisa masuk kelangkah selanjutnya yaitu menguji
    pasar.

    Penentuan Posisi Produk 

    Penentuan posisi adalah strategi komunikasi. Jutaan produk dan merek berhamburan di pasar, maka
    untuk masuk dalam pikiran pelanggan tidaklah mudah. Satu-satunya cara adalah menemukan celah
    dengan meletakkan posisi pesaing. Penentuan posisi menurut pesaing adalah memposisikan produk
    sebagai terbaik dibanding pesaingnya. Dengan demikian kita harus menggerakkan ide baru atau produk
    baru masuk di benak pelanggan yang berbeda dengan produk atau merek pesaing.

    Strategi Penentuan Posisi Produk

    Ketika suatu perusahaan telah menetapkan harga dasar dari suatu produk barang atau jasa maka
    perusahaan dapat menentukan strategi harga dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga,
    kompetitor, tujuan perusahaan dan daur hidup produk. Strategi tersebut dapat digunakan untuk produk
    yang baru maupun yang lama sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

    Berikut ini merupakan berbagai pilihan teknik/strategi penentuan harga:

    A. Strategi Pentuan harga pada Produk Baru

    1. Skimming Price
        Strategi skimming adalah menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya. Contoh handphone, laptop, radio dan lain sebagainya.
    2. Penetration price/Harga penetrasi
         Strategi harga penetrasi adalah menentukan harga awal yang rendah atau murah dengan tujuan untuk penettrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek daripada konsumen, contoh: tarif layanan baru three, mie selera rakyat, dan lain sebagainya.

    B. Strategi Penentuan Harga diskon / Potongan Harga
     
    Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga dari harga yang
    sudah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan
    pada umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai, trade discount. Contoh: bila
    membeli.

    C. Strategi Penetapan Harga Kompetitif

    1. Relative Pricing / Harga Relatif
       Strategi harga relatif adalah menentukan harga diatas, dibawah atau sama dengan tingkat harga persaingan dimana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.
    2. Follow The Leader Pricing
        Strategi harga follow the leader pricing adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkkan para pimpinan pasar dan tidak menetapkan harga sendiri.


    Sumber


Minggu, 27 November 2011

Proses Manajemen Pemasaran

Tugas-tugas Manajemen Pemasaran
  Tugas-tugas manajemen pemasaran yaitu bagaimana proses manajemen dijlankan untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan kebutuhan pasar yang masih ada merupakan kesempatan pemasaran. Tugas manajemen pemasaran dimulai jauh sebelum produk dihasilkan dan tidak akan berhenti sampai produk habis terjual, tugas tersebut yaitu:
  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Mengembanngkan konsep produk
  • Membuat design produk
  • Menetapkan harga
  • Mengatur distribusi
  • Menciptakan komunikasi pasar yang aktif
  • Memeriksa penjualan
  • Memperhatikan kepuasan konsumen
Proses Manajemen Pemasaran
  • Pengambilan keputusan dalam pemasaran
  • Pengambilan keputusan yang efektif dengan menggunakan marketing mix
  • Model pengambilan keputusan
  • Analisa kesempatan pasar
  • Perencanaan pemasaran
  • Proses perencanaan
  • Organisasi pemasaran
  • Penerapan dan pengendalian pemasaran
  • Strategi pemasaran
  • Pengembangan strategi pemasaran
Strategi Pemasaran
   Dalam aktivitas memasarkan produk, pemasar membuat keputusan dan menggunakan berbagai kaedah untuk mendapatkan respon positif daripada pelanggan sasaran. Jerome McCarthy telah mengklasifikasikan kebanyakan kaedah tersebut kepada empat group utama yaitu Product, Price, Place & Promotion yang merupakan bauran pemasaran yang biasa digunakan oleh Pemasar. Bauran ini juga biasa disebut strategi pemasaran 4P.
   Secara ringkas, antara variabels yang dimaksud bagi setiap P berkenaan ialah:
 

Product

Price

Place

Promotion
- Variety
- Quality
- Design
- Features
- Brand name
- Packaging
- Sizes
- Service/support     
- Returns/benefits
- Warranties
- List price
- Discounts
- Allowances
- Payment period
- Credit terms
- Channel
- Coverage
- Assortments
- Location
- Inventory
- Logistics
- Service level
- Sale promotion
- Advertisement
- Personal selling
- Public relations
- Message
- Media
- Budget


 

  • Product: Di era pemasaran yang yang banyak persaingan pada masa ini, keupayaan mengemukakan produk yang lebih kompetitif sangat penting sebagai strategi pemasaran. Melalui penggunaan teknologi dan kepakaran yang tinggi pengeluar boleh mengeluarkan hasil yang berkualitas, namun untuk memiliki kelebihan kompetitif dikalangan pesaing, pengeluar memerlukan berbagai inisiatif tambahan oleh pemasar
  • Price: Umumnya menjadi fahaman bahwa harga mengembangkan kualitas produk. Tetapi dalam realiti pemasaran fakta tersebut tidak semestinya betul untuk dijadikan asas peletakan harga yang strategik. Strategi penetapan harga menjadi penting diatas kesadaran pemasar bahwa faktor harga berperang dalam mempengaruhi pengguna untuk membeli dan kekal sebagai pelanggan suatu produk. Kepada Pemasar, harga merupakan kaedah menghasilkan pendapatan dan menciptakan keuntungan. Kepada pembeli, ianya melibatkan aspek seperti kemampuan membeli, berpatutan dan berfaedah
  • Place: Strategi penempatan memberi penekanan kepada aspek saluran pengedaran produk yang berfungsi menyampaikan produk kepada pengguna sasaran. 
  • Promotion: Dalam strategi mempromosi, pemasar melaksanakan aktivitas memperkenalkan produk yang hendak ditawarkan kepada pengguna. Dalam usaha tersebut berbagai kaedah promosi perlu dilaksanakan agar pengguna mengetahui, memahami dan seterusnya membuat keputusan untuk menggunakan produk.
Pengembangan Strategi Pemasaran
   Ada banyak cara yang memungkinkan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang menjadi target. Akan tetapi sebenarnya ada empat variabel dasar dalam paduan pemasaran yang disebut 4P. 4P harus dibuat dan dilaksanakan secara bersamaan. Penting untuk ditekankan bahwa memilih target pasar dan pengembangan paduan adalah saling berhubungan. 


Sumber:
http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/ , http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia , wp00h.wordpress.com/definisi-konsumerisme/
 


 




 

 

Kamis, 24 November 2011

Peranan Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat

Definisi Pemasaran 
         
Secara umum, Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran yaitu Pemasar, Barang dan Jasa, Pasar, Proses Pertukaran.
Pengertian Manajemen Pemasaran
    
Manajemen pemasaran dapat diartikan “Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi “(Kotler, 1997).
Peran Pemasaran dalam Organisasi
Peran pemasaran mencakup dalam tiga sektor:
  • Peran pemasaran dalam sektor bisnis
  • Peran pemasaran dalam sektor non-profit
  • Peran pemasaran dalam sektor internasional
Konsep Pemasaran
     
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. Konsep pemasaran juga mencakup pengeluaran, produk, jualan, kesejahteraan.
Definisi Konsumerisme
      
Yaitu merupakan gerakan konsumen (consumer movement) yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen (akhir).


sumber:
http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/semua-download-24.html , wp00h.wordpress.com/definisi-konsumerisme/  , http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/ ,