Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen antara lain adalah :
Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu :
- Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
- Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
- Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
- Faktor eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi
pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategi, dan kelompok
referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh
langsung maupun tidak langsung pada sikap dan prilaku konsumen. Kelompok
referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan
pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.
- Faktor internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor
internal
adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup,
kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku
seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia
diperoleh dari mempelajari sesuatu.
Seperti
contohnya teman saya Eliza, dia suka sekali dengan barang-barang apapun
yang berhubungan dengan elmo. Beberapa barang yang dibeli seperti:
boneka, baju, asesoris, marchandise, dan sebagainya yang berkaitan
dengan elmo. Faktor dasar eliza membeli atau mengkonsumsi tersebut
karena faktor internal yaitu persepsi yang ada dalam diri seseorang yang
mencerminkan suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
contoh
lainnya, furi. Dia suka sekali membeli kosmetik, contohnya alas bedak,
bedak, lipstik, eye shadow, blush on, maskara, eye liner, dan peralatan
kosmetik lainnya. Faktor dasar furi membeli atau mengkonsumsi tersebur
karena faktor eksternal yaitu kelompok sosial, yang menjadi rujukan
dalam berfikir, bertindak, merasa, dan berperilaku seseorang dalam
melakukan konsumsi.
contoh
lainnya, saya. Saya suka membeli sepatu, contohnya heels, flat shoes,
sepatu sport dan lainnya. Faktor dasar saya membeli atau mengkonsumsi
barang tersebut yaitu faktor internal persepsi dan faktor eksternal
nilai-nilai budaya dan etnis.