Selasa, 18 November 2014

Ekonomi Internasional

1. Apa yang dimaksud dengan tarif optimal dan bagaimana cara menentukannya?
    Jawab: tarif optimal adalah tarif yang dapat memaksimalkan manfaat netto yang bersumber dari perbaikan nilai tukar perdagangan sehingga dapat melunturkan dampak negatif yang diakibatkan oleh berkurangnya volume perdagangan. Cara menentukannya adalah sebuah negara memberlakukan tarif sampai batas tertentu kesejahteraannya akan meningkat hingga ke titik maksimal, pada saat itulah tarifnya disebut tarif optimal.

2. Apa pengaruh tarif terhadap Term of Trade dan apa kaitannya dengan ekonomi negara tersebut?
    Jawab: pengaruhnya memberlakukan tarif yang bersangkutan akan menurunkan volume perdagangan, namun dalam waktu bersamaan juga akan meningkatkan nilai tukar perdagangannya. Kaitannya dengan ekonomi negara tersebut adalah perbaikan nilai tukar perdagangan cenderung menambah kesejahteraannya dan kekuatan negatifnya kemerosotan volume perdagangan.

3. Meskipun menerima upah yang lebih tinggi, terangkan mengapa belum tentu meningkatkan kesejahteraan pekerja migran?
    Jawab: Dengan adanya tarif, tingkat kesejahteraan negara yang bersangkutan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kondisinya dimana perdagangan bebas; penurunan kesejahteraan bersumber dari dua sebab yaitu memaksimumkan nilai pendapatan dan harga dunia, konsumen tidak dapat lagi berkonsumsi pada kurva indefferen tertinggi yang memaksimalkan kesejahteraan.

4. Apa pengaruhnya nilai tukar Rp/$, jika:
    a. Subsidi BBM hilang
    b. Pembayaran hutang luar negeri naik
    c. Tingkat suku bunga naik
    Jawab: jika subsidi bbm hilang maka nilai tukar Rp/$ menguat, jika pembayaran hutang luar negeri naik maka nilai tukar Rp/$ melemah, jika tingkat suku bunga naik maka nilai tukar Rp/$ menguat.

5. Untuk mempertahankan atau meningkatkan pertumbuhan ekspor, suatu negara melakukan intervensi untuk mendepresiasi nilai tukar mata uangnya. Apa yang dilakukan dan adakah pengaruhnya terhadap inflasi, jika ada bagaimana tindakan yang dilakukan oleh bank sentral setelah intervensi?
    Jawab: yang dilakukan oleh bank sentral setelah melakukan intervensi yaitu melakukan pasar terbuka dengann jual beli surat berharga.

6. Jika indonesia mengalami defisit neracar berjalan, tindakan apa yang dilakukan pemerintah dan apa pengaruhnya terhadap ekonomi indonesia?
    Jawab: tindakan yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan ekspor, pengaruhnya terhadap ekonomi indonesia yiatu naiknya suku bunga indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar