Minggu, 27 November 2011

Proses Manajemen Pemasaran

Tugas-tugas Manajemen Pemasaran
  Tugas-tugas manajemen pemasaran yaitu bagaimana proses manajemen dijlankan untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan kebutuhan pasar yang masih ada merupakan kesempatan pemasaran. Tugas manajemen pemasaran dimulai jauh sebelum produk dihasilkan dan tidak akan berhenti sampai produk habis terjual, tugas tersebut yaitu:
  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Mengembanngkan konsep produk
  • Membuat design produk
  • Menetapkan harga
  • Mengatur distribusi
  • Menciptakan komunikasi pasar yang aktif
  • Memeriksa penjualan
  • Memperhatikan kepuasan konsumen
Proses Manajemen Pemasaran
  • Pengambilan keputusan dalam pemasaran
  • Pengambilan keputusan yang efektif dengan menggunakan marketing mix
  • Model pengambilan keputusan
  • Analisa kesempatan pasar
  • Perencanaan pemasaran
  • Proses perencanaan
  • Organisasi pemasaran
  • Penerapan dan pengendalian pemasaran
  • Strategi pemasaran
  • Pengembangan strategi pemasaran
Strategi Pemasaran
   Dalam aktivitas memasarkan produk, pemasar membuat keputusan dan menggunakan berbagai kaedah untuk mendapatkan respon positif daripada pelanggan sasaran. Jerome McCarthy telah mengklasifikasikan kebanyakan kaedah tersebut kepada empat group utama yaitu Product, Price, Place & Promotion yang merupakan bauran pemasaran yang biasa digunakan oleh Pemasar. Bauran ini juga biasa disebut strategi pemasaran 4P.
   Secara ringkas, antara variabels yang dimaksud bagi setiap P berkenaan ialah:
 

Product

Price

Place

Promotion
- Variety
- Quality
- Design
- Features
- Brand name
- Packaging
- Sizes
- Service/support     
- Returns/benefits
- Warranties
- List price
- Discounts
- Allowances
- Payment period
- Credit terms
- Channel
- Coverage
- Assortments
- Location
- Inventory
- Logistics
- Service level
- Sale promotion
- Advertisement
- Personal selling
- Public relations
- Message
- Media
- Budget


 

  • Product: Di era pemasaran yang yang banyak persaingan pada masa ini, keupayaan mengemukakan produk yang lebih kompetitif sangat penting sebagai strategi pemasaran. Melalui penggunaan teknologi dan kepakaran yang tinggi pengeluar boleh mengeluarkan hasil yang berkualitas, namun untuk memiliki kelebihan kompetitif dikalangan pesaing, pengeluar memerlukan berbagai inisiatif tambahan oleh pemasar
  • Price: Umumnya menjadi fahaman bahwa harga mengembangkan kualitas produk. Tetapi dalam realiti pemasaran fakta tersebut tidak semestinya betul untuk dijadikan asas peletakan harga yang strategik. Strategi penetapan harga menjadi penting diatas kesadaran pemasar bahwa faktor harga berperang dalam mempengaruhi pengguna untuk membeli dan kekal sebagai pelanggan suatu produk. Kepada Pemasar, harga merupakan kaedah menghasilkan pendapatan dan menciptakan keuntungan. Kepada pembeli, ianya melibatkan aspek seperti kemampuan membeli, berpatutan dan berfaedah
  • Place: Strategi penempatan memberi penekanan kepada aspek saluran pengedaran produk yang berfungsi menyampaikan produk kepada pengguna sasaran. 
  • Promotion: Dalam strategi mempromosi, pemasar melaksanakan aktivitas memperkenalkan produk yang hendak ditawarkan kepada pengguna. Dalam usaha tersebut berbagai kaedah promosi perlu dilaksanakan agar pengguna mengetahui, memahami dan seterusnya membuat keputusan untuk menggunakan produk.
Pengembangan Strategi Pemasaran
   Ada banyak cara yang memungkinkan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang menjadi target. Akan tetapi sebenarnya ada empat variabel dasar dalam paduan pemasaran yang disebut 4P. 4P harus dibuat dan dilaksanakan secara bersamaan. Penting untuk ditekankan bahwa memilih target pasar dan pengembangan paduan adalah saling berhubungan. 


Sumber:
http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/ , http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia , wp00h.wordpress.com/definisi-konsumerisme/
 


 




 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar