Sabtu, 03 Desember 2011

Strategi Penetapan Harga

Definisi Harga

Harga adalah Suatu nilai tukar atas manfaat produk (bagi konsumen maupun produsen) yang umunya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, rupe, yen, dll). Harga terbentuk dari kesepakatan dua pihak yaitu produsen dan konsumen. Produsen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberika manfaat keuntungan diatas biaya produksinya. Konsumen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberika manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya (misalnya prestis, syarat pembayaran, dll). 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga

Perusahaan mempertimbangkan berbagai faktor dalam menetapkan harga. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menetapkan tingkat harga bagi produknya. Adapun faktor-faktornya sebagai berikut:
  • Kurva permintaan
  • Biaya
  • Persaingan 
  • Pelanggan
Namun dilain pihak ada yang berpendapat bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal, meliputi:
1. Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha)
2. Strategi marketing-mix (aspek harga dan non harga)
3. Organisasi (struktur, skala, dan tipe)

Faktor eksternal, meliputi:
1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
2. Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
3. Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat) maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan sumber daya, keadaan sosial, dsb).

Faktor Kunci yang Mempengaruhi Keputusan Harga
  • Biaya produksi 
  • Suplai persediaan 
  • Harga pesaing
Proses Penetapan Harga

Terutama untuk produk baru, penentuan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah sebagai berikut:
1. Memilih tujuan dan orientasi harga
2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
3. Memperkirakan biaya dan perilakunya
4. Melakukan analisis perilaku pesaing
5. Menentukan strategi harga
6. Menyesuaikan harga akhir

Penentuan Harga Dasar dan Laba yang Diharapkan

Penentuan harga, meliputi:
1. Pendekatan supply dan demand 

2. Pendekatan yang berorientasi pada biaya
3. Pendekatan pasar

Penentuan Laba yang diharapkan yaitu tergantung pada tinggi rendahnya strategi bank serta target marketnya. 

Penentuan Harga Dasar dalam Kondisi yang Tidak Pasti

Perusahaan-peusahaan melakukan penetapan harganya dengan berbagai cara. Contohnya terdapat pada perusahaan-perusahaan kecil

Sumber:





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar