Definisi Manajemen Saluran
Manajemen
saluran adalah pengembangan strategi yang searah didasarkan pada bebagai
keputusan yang berkaitan untuk memindahkan barang-barang secara fisik atau non
fisik guna mencapai tujuan perusahaan dan berada dalam kondisi lingkungan
tertentu adlah definisi menurut C.Glen Walters.
Tren yang Berdampak pada Manajemen Saluran
Tren
yang semakin cepat dalam dunia pemasaran mengharuskan perusahaan untuk mampu
bergerak bersama dengan perubahan tersebut sesuai dengan kapasitas yang
dimiliki. satu kegiatan yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk
mengantisipasi perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang.
Alasan Menggunakan Perantara
Penggunaan
perantara sebagian besar karena keunggulan efisiensi mereka dalam membuat
barang tersedia secara luas dan mudah diperoleh pasar sasaran. Perantara
pemasaran, dengan hubungan, pengalaman, spesialisasi, dan skala operasi mereka,
biasanya menawarkan kepada perusahaan lebih banyak daripada yang dapat mereka
capai sendiri. Dari segi sistem ekonomi, peran dasar perantara pemasaran adalah
mengubah persediaan yang bersifat heterogen menjadi berbagai macam barang yang
ingin dibeli orang.
Keuntungan Menggunakan Perantara
Pada
umumnya, alasan utama untuk menggunakan perantara adalah bahwa mereka ini dapat
membantu meningkatkan efisiensi distribusi. Penggunaan perantara mempunyai
beberapa keuntungan, yaitu:
1. Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai
konsumen. Produsen cukup menghubungi perantara untuk menyampaikan produknya
kepada konsumen yang banyak. Ini dipandang lebih efisien.
2. Kegiatan distribusinya cukup baik bilamana perantara sudah
mempunyai pengalaman. Mereka dipandang lebih baik karena memang tugas yang
dilakukan hanyalah di bidang distribusi.
3. Perantara dapat membantu menyediakan peralatan dan jasa
reparasi yang dibutuhkan untuk beberapa jenis produk tertentu, sehingga
produsen tidak perlu menyediakannya.
4. Perantara dapat membantu
di bidang pengangkutan dengan menyediakan alat-alat transpor sehingga
meringankan beban produsen maupun konsumen yang mencarinya.
5. Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan
menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan, seperti gudang dan fasilitas
penyimpanan lainnya sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan oleh konsumen dapat
memenuhinya.
6. Perantara dapat membantu di bidang keuangan dengan menyediakan
sejumlah dana untuk melakukan penjualan secara kredit kepada pembeli akhir,
atau untuk melakukan pembelian tunai dari produsen.
7. Keuntungan lain yang dapat diharapkan oleh produsen dari
perantara ini adalah:
• Membantu dalam pencarian konsumen
• Membantu dalam kegiatan pormosi
• Membantu dalam penyediaan informasi
• Membantu dalam pengepakan dan pembungkusan
• Membantu dalam penyortiran
• Membantu dalam pencarian konsumen
• Membantu dalam kegiatan pormosi
• Membantu dalam penyediaan informasi
• Membantu dalam pengepakan dan pembungkusan
• Membantu dalam penyortiran
Perantara
Pedagang
1. Pedagang Besar / Distributor / Agen Tunggal
Distributor adalah pedagang yang membeli atau mendapatkan produk
barang dagangan dari tangan pertama atau produsen secara langsung. Pedagang
besar biasanya diberikan hak wewenang wilayah / daerah tertentu dari produsen.
Contoh dari agen tunggal adalah seperti ATPM atau singkatan dari agen tunggal
pemegang merek untuk produk mobil.
2. Pedagang Menengah / Agen / Grosir
Agen adalah pedagang yang membeli atau mendapatkan barang
dagangannya dari distributor atau agen tunggal yang biasanya akan diberi daerah
kekuasaan penjualan / perdagangan tertentu yang lebih kecil dari daerah
kekuasaan distributor. Contoh seperti pedagang grosir beras di pasar induk
kramat jati.
3. Pedangan Eceran /
Pengecer / Peritel
Pengecer adalah pedangan yang menjual barang yang dijualnya
langsung ke tangan pemakai akhir atau konsumen dengan jumlah satuan atau
eceran. Contoh pedangang eceran seperti alfa mini market dan indomaret.
4. Importir / Pengimpor
Importir adalah perusahaan yang memiliki fungsi menyalurkan barang
dari luar negeri ke negaranya. Contoh seperti import jeruk lokam dari Cina ke Indonesia.
5. Eksportir / Pengekspor
Exportir adalah perusahaan yang memiliki fungsi
menyalurkan barang dari dalam negara ke negara lain. Contoh seperti ekspor
produk kerajinan ukiran dan pasir laut ke luar negeri.
Beberapa Alternatif Distribusi
Beberapa alternative
distribusi yang akan dibahas di sini didasarkan pada jenis barang dan sekmen
pasarnya, yaitu:
• Barang konsumsi, ditujukan untuk pasar konsumen
• Barang industri ditujukan untuk sekmen pasar industri
• Barang industri ditujukan untuk sekmen pasar industri
Saluran
Distribusi Barang Konsumsi
Adapun macam-macam saluran distribusi barang komsumsi adalah :
1. Produsen-konsumen
Bentuk saluran distribusi yang paling pendek
dan panjang sederhana adalah saluran distribusi dari produsen ke konsumen,tanpa
menggunakan perantara.
2. Produsen-pengecer-konsumen
Seperti halnya dengan jenis saluran yang
pertama ( produsen-konsumen), saluran ini juga disebut sebagai saluran
distribusi langsung
3. Produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen
Saluran distribusi semacam ini banyak digunakan
oleh produsen, dan dinamakan sebagai saluran distribusi tradisional.
4.
Produsen-Agen-Pengecer-Konsumen
Disini produsen memilih agen (agen penjualan atau agen pabrik) sebagai penyalur
5.
Produsen-Agen-Pedagang besar-Pengecer-Konsumen
Dalam saluran distribusi,prosusen sering menggunakan agen sebagai perantara
untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya
kepada took-toko lecil
Saluran Distribusi Barang Industrial
Adapun
macam-macam saluran disribusi barang industrial adalah :
1.
Produsen-Pemakai industri
Saluran distribusi dari produsen ke pemakai industri ini merupakan saluran yang
palingpendek , dan disebut sebagai saluran distribusi langsung.
2.
Produsen-distributor industri – pemakai industri
Produsen barang-barang jenis perlengkapan operai dan acesori ackuipment
kecil dapat menggunakan distributor industri untuk mencapai pasarnya
3.
Produsen-agen-pemakai industri
Biasanya saluran distribusi semacam ini dipakai oleh produsen yang tidak
memiliki departemen pemasaran.
4.
Produsen – agen –distributor industri – pemakai industri
Saluran distribusi ini dapat digunakan oleh perusahaan dengan
pertimbangan unit penjualannya terlalau kecil untuk di jual secara langsung.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran
Banyak sekali cara-cara yang dapat dipergunakan
untuk mendistribusikan barang dan jasa kepada pembeli. Sebuah perusahaan
mungkin didistribusikan barangnya secara langsung kepada konsumen jumlahnya
cukup besar, sedangkan perusahaan lain mendistribusikan produknya dengan
mempergunakan jasa perantara. Akan tetapi sering sekali cara-cara yang dipilih
tidak memuaskan perusahaan.
Dalam
hal ini banyak perusahaan yang mempergunakan beberapa kombinasi saluran
distribusi utuk mencapai target yang berbeda. Sistem distribusi ini tidak hanya
berbeda diantara perusahaan., tetapi juga sering berubah dari waktu ke waktu
tergantung kepada situasi dan kondisi masing-masing perusahaan.
Suatu
saluran distribusi yang dapat bekerja dengan baik pada saat perusahaan itu kecil,
mungkin kurang efisien pada saat perusahaan bertambah besar.
Masalah
pemilihan ini sangat penting sebab kesalahan dalam pemilihan saluran yang
dipergunakan dapat memperlambat atau menghambat usapa penyaluran barang atau
jasa yang dihasilkan telah sesuai dengan selera konsumen., tetapi jika saluran
distribusi yang dipergunakan tidak mempunyai kemampuan, tidak mempunyai
inisiatif dan kreatif serta kurang bertanggung jawab dalam menciptakan
transaksi, maka usaha untuk penyaluran akan mengalami kelambatan dan kemacetan.
Oleh
karena pengaruhnya sangat besar terhadap kelancaran penjualan, maka masalah
saluran distribusi ini harus benar-benar dipertimbangkan. Dalam hal ini
perusahaan atau produsen harus memperhatikan faktor-faktor yang sangat
mempengaruhi dalam pemilihan saluran distribusi. Petunjuk dalam pemilihan
saluran distribusi sebagai berikut:
a.
Sifat Barang
b.
Sifat Pembayarannya
c.
Biaya
d.
Modal
e.
Tingkat Keuntungan
f.
Jumlah Setiap kali penjualan
Sumber:
http://organisasi.org/jenis-macam-pedagang-perantara-pengertian-distributor-agen-grosir-agen-tunggal-peritel-importir-eksportir
http://anisaamelia09.blogspot.com/2009/11/beberapa-alternatif-distribusi-beberapa.html
http://anisaamelia09.blogspot.com/2009/11/beberapa-alternatif-distribusi-beberapa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar